"

Kamis, 07 Mei 2020

LAPORAN PRAKTIKUM SANITASI SUSU DAN HASIL TERNAK


LAPORAN PRAKTIKUM
SANITASI SUSU DAN HASIL TERNAK

Disusun oleh
Baitur Rahman Merja
18/433445/PKU/17358

PEMINATAN KESEHATAN LINGKUNGAN
PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA
2019


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Susu merupakan bahan makanan yang sangat penting bagikebutuhan manusia, karena mengandung zat yang sangat diperlukan olehtubuh. Salah satu aspek yang mempengaruhi kualitas protein dalam susuadalah pengolahan yang melibatkan proses pemanasan, pendinginan, pengeringan, penambahan bahan kimia, fermentasi, radiasi dan perlakuanlainnya. Susu sangat penting dalam kehidupan manusia karena. Zat-zatyang terkandung dalam susu tersebut antara lain adalah protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Susu mudah sekali mengalami kerusakan karena pengaruh lingkungan, baik oleh susu maupun udara sekitar, sehingga perlu perhatian khusus untuk penanganan pada waktupemerahan ataupun sesudah pemerahan. Penanganan susu yang baik dimaksudkan agar diperoleh susu dengan kualitas yang baik pula serta memenuhi standar susu yang telah ditentukan dan masih layak untuk dikonsumsi oleh manusia.

Susu merupakan salah satu bahan pangan hewani yang mengandung nilaigizi yang baik untuk dikonsumsi manusia. Namun, hampir semua komponen padasusu juga merupakan nutrisi yang disenangi mikroba untuk tumbuh. Bakteri yang terdapat pada susu berasal dari sapi dan lingkungannya. Kualitas susu akan menurun jika terdapat bakteri pembusuk didalamnya. Susu mengandung vitamin,sitrat, dan enzim. Susu sapi yang baik memiliki warna putih kekuningan dantidak tembus cahaya. Warna susu dipengaruhi oleh jenis sapi, jenis pakan ,jumlahlemak susu, dan persentase zat didalamnya Susu juga memiliki kadar air dan protein yang tinggi sehingga memungkinkan mikroba tumbuh.
Telur merupakan substansi dasar untuk kehidupan yaitu untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio menjadi organisme baru, sehingga mengandung banyak zat gizi. Telur merupakan bahan panganyang bergizi tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Telur juga mengandung kadar protein tinggi, sumber zat besi, beberapa mineral lain dan vitamin sehingga telur merupakan bahan pangan heani yang dapat dikonsumsi oleh manusia pada segala umur. Peranan telur dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat Indonesia tampak semakin peting. Hal ini disebabkan karena harga telur yang relatif murah sehingga daya beli masyarakat tinggi. Kesadaran masyarakat semakin tinggi akan pentingnya gizi terutama protein hewani. Komposisi kimia dan sifat fisiokimia telur akan mempengaruhi sifat fungsional telur selama penyimpanan atau pengolahan.
Sebagai bahan makanan penghasil protein, telur sangat digemari oleh masyarakat karena pengolahannya yang praktis dan murah. Telur merupakan produk yang mudah rusak, sifatnya mudah pecah dan kualitasnya cepat berubah, baik dalam proses transportasi maupun selama penyimpanan. Perubahan yang terjadi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan manusia sebagai pengkonsumsi telur. Oleh karena itu konsumen selalu mencari telur yang memiliki kualitas yang bagus, bersih, dan segar. Kualitas telur dapat dilihat dari dua aspek, yaitu secara eksternal yang meliputi warna kerabang, kebersihan telur, berat telur, panjang telur, dan lain sebagainya. Sedangkan secara internal meliputi diameter albumen atau putih telur, kuning telur, tinggi dari putih telur dan kuning telur, tebal kerabang, berat kerabang, dan lain sebagainya. Kedua kualitas tersebut harus dapat dipahami agar dapat memilih jenis telur yang baik dan segar.
Oleh karena itu perlu adanya pengetahuan tentang kualitas fisik maupun kimia dari susu dan telur agar masyarakat dapat mengetahui dan membedakan telur dan susu yang masih baik ataupun sudah rusak.

B.     Tujuan
Praktikum sanitasi susu dan hasil ternak ini bertujuan untuk mengetahui kualitas susu dengan melihat keadaan susu dan susunan susu, mengetahui kualitas telur secara interor maupun eksterior, kualitas daging sapi, serta mengetahui total bakteri pada susu, telur dan daging sapi.



Bagi teman-teman yang membutuhkan file lengkapnya silahkan download pada tautan berikut. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar, masukan dan saran demi pengembangan blog ini.

Download Full Document

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini