Selasa, 29 Juli 2014

Hidup Adalah Perubahan



          Setelah menotoh filmnya Raditia Dika beberapa hari kemarin, saya mendapat suatu kalimat yang menurut saya cukup bijak dan memiliki makna yang dalam. Kata itu
adalah “Hidup adalah Perubahan”. Kedengarannya kata itu tidak cocok dan tidak memiliki makna. Namun kenyataannya setelah saya berpikir panjang, kata itu ternyata benar.
          Menurut saya sendiri perubahan yaitu perbedaan antara sebelum dan sesudah suatu kejadian, kelakuan, perbuatan, sifat dan masih banyak lagi. Meskipun dari yang sebelumnya jelek menjadi baik maupun dari yang baik menjadi jelek, itu semua disebut perubahan.
          Dalam sebuah buku karya Raditia Dika perubahan yang dimaksud disini yaitu perubahan rumah. Mereka berpindah dari  rumah lama mereka ke rumah baru mereka. Selain itu perubahan dari pacar-pacar Radit yang selalu putus dari cewek yang satu ke cewek yang lain. Selain itu perubahan sekolah adik dari Radit yang akan lulus dari SD dan akan melanjutnya ke tingkat SMP.
          Itu semua merupakan perubahan, maka itu tak salah jika Radit mengatakan bahwa Hidup itu adalah Perubahan. Semua perubahan pasti akan terjadi pada kita semua. Namun banyak diantara kita yang tidak sadar akan hal ini. Setiap perubahan kadang berjalan mulus-mulus saja namun juga ada hambatan dan tantangan. Namun jika hambatan itu terasa susah maka kita perlu untuk menyesuaikannya sebelum akhirnya kita merasa nyaman dengan perubahan itu.
          Misalnya saja ketika kita pindah rumah, pasti kita merasa rumah yang lama lebih nyaman daripada rumah baru. Hal itu disebebkan kita belum terbiasa dengan suasana yang baru. Apalagi jika rumah baru itu memang lebih kecil atau kurang disbanding rumah yang lama. Namun ketika kita terbiasa dengan rumah baru tersebut, maka dengan sendirinya kita akan merasa nyaman dengan keadaan itu.
          Setelah saya merenung dan berpikir, saya mendapat kesimpulan bahwa bukan Cuma kita sebagai manusia yang mengalami perubahan. Kita bisa tau bahwa Bumi tempat kita berpijak ini pun mengalami perubahan yaitu berputar pada porosnya dan juga mengelilingi matahari. Itu artinya bumi pun mengalami yang namanya perubahan. Bumi inipun awalnya tidak ada sebelum diciptakan Oleh Allah SWT. Manusia, hewan dan tumbuha mengalami perubahan yaitu perubahan bentuk tubuh atau yang disebut dengan pertumbuhan. Sebelum menjadi dewasa, kita itu dimulai dari yang paling kecil yaitu benih.
          Pelajaran yang dapat kita petik yaitu, dimanapun dan kapanpun kita pasti mengalami yang namanya perubahan. Baik itu terasa mudah maupun sulit untuk diterima. Sebagai seorang muslim kita harus bersabar karena semua yang terjadi mungkin saja itu merupakan ujian dari Allah SWT. Jika perubahan yang kita alami terasa indah dan menyenangkan maka bersyukurlah, sedangkan jika tidak bersabarlah karena Allah Beserta dengan Orang-orang yang sabar.
          Jika kita terus memahami dan mendalami konsep Hidup adalah perubahan, maka kita dapat temukan fakta bahwa “Tuhan itu ada” melalui berpikir.

By; Rahmandt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini