Senin, 12 Desember 2011

Rumput Laut Bantu Turunkan Berat Badan


 Rumput Laut jenis ganggang cokelat ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan seratnya bermanfaat untuk diet, karena ganggang coklat dapat menimbulkan sensasi perut penuh dan orang akan makan lebih sedikit. Hal ini berguna untuk menurunkan berat badan.

Demikian hasil penelitian para peneliti di Fakultas Ilmu pengetahuan makhluk hidup (LIFE,) Universitas Kopenhagen, Denmark, baru-baru ini. Menurut para peneliti, serat makanan dari ganggang cokelat atau alginat sangat baik untuk menciptakan perasaan kenyang dalam perut.

Selama periode tiga tahun penelitian, mereka meneliti dosis alginat yang berbeda. Mereka menunjukkan bahwa subjek sehat yang mengonsumsi alginat akan merasa kurang lapar. Bahkan mereka akan makan lebih sedikit dibandingkan dengan subjek yang tidak minum minuman serat dengan alginat.

Penelitian tersebut memakan waktu 12 minggu, dengan melibatkan 96 pria dan wanita gemuk. Sebanyak 48 subjek disarankan meminum minuman khusus dengan alginat sebagai suplemen diet mereka tiga kali sehari, sebelum menyantap hidangan utama. Sementara 48 lainnya minum minuman plasebo tanpa alginat.

Hasilnya, sebanyak 80 orang subjek mencapai penurunan berat badan yang jauh lebih besar daripada mereka yang minum minuman yang sama tanpa alginat. Rata-rata subjek yang mengonsumsi serat rumput laut dapat menurunkan berat badan hingga 1,7 kilogram.

Penurunan berat badan itu disebabkan penurunan persentase lemak tubuh akibat alginat yang membentuk gel di dalam perut dan memperkuat sinyal kenyang ke otak. Perut terasa penuh, sehingga keinginan makan akan berkurang.(Zeenews/SHA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini